Thursday 9 May 2013

PROPOSAL ILMIAH

Nama : Zahrah Yusnia Nurul
Kelas  : 3EA16
Npm   : 19210444


                                                                               BAB I
                                                                     PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
   
                Kegiatan promosi adalah kegiatan penting dalam memperkenalan usaha pada khalayak umum karena dalam kegiatan promosi khalayak umum dapat mengetahui jenis usaha kita, keuntungan apa saja yang didapat, harga atau tarif usaha kita dan juga hal penting lainnya. kegiatan promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara misalkan usaha yang bergerak dibidang jasa pengiriman barang yang kegiatan promosinya dapat dilakukan dengan cara memasang spanduk dipinggir jalan atau dengan brosur yang dibagikan ditempat keramaian, memasang iklan pada iklan baris dapat dikatakan merupakan kegiatan promosi yang dapat dilakukan oleh setiap orang yang ingin membangun usaha dan memperkenalkan usahnya.
                Banyak perusahaan dewasa ini berlomba - lomba untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dimiliki mereka kepada para konsumen dan membujuk mereka untuk mau membeli atau menggunakan produk dan jasa tsb kepada khlayak ramai salah satunya adalah melalui kegiatan promosi. Dengan demikian hal tsb sejalan dengan pernyataan freddy rangkuti yang menyebut bahwa " promosi adalah kegiatan perjualan dan pemasaran dalam rangka menginformasikan dan mendorong perintaan terhadap produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan dengan cara mempengaruhi konsumen agar mau membeli produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan" (Rangkuti, 2009)
                Kegiatan promosi juga dilakukan oleh pengusaha kecul yang bergerak dibidang jasa, seperti halnya "GIANT hypermall Bekasi" yang berada didaerah Bekasi milik Bapak Nunu Rudi Susilo. Dari hasil data yang diperoleh menunjukan bahwa pendapatan usaha milik Bapak Nunu Rudi Susilo ini tidak mengalami penurunan ada tahun 2012, bahkan cenderung meningkat dari tahun ketahun sebelumnya. namun kegiatan promosi tetap dilakukan guna mempertahankan yang selama ini telah didapat.
                 Dengan melakukan berbagai kegiatan promosi diantaranya memaang sepanduk - spanduk dipinggir jalan, membagikan brosur, dan juga promosi dari mulut kemulut yang dilakukan secara tidak langsung.

Untuk mempertahankan eksistensinya “GIANT HYPERMALL BEKASI” terus meningkatkan pelayanan serta kenyamanan yang ditunjang dengan beberapa fasilitas-fasilitas yang membuat para konsumen merasa puas.
Kegiatan promosi yang dilakukan oleh Bapak Andri Permana ini semata-mata juga mempertimbangkan persaingan yang begitu ketatnya sehingga dirasakan perlu dilakukan kegiatan promosi yang gencar guna menarik minat pelanggan / konsumen terhadap usaha jasa ekspedisi pengiriman barang yang mereka tawarkan. Dimana tujuan dari promosi adalah untuk meningkatkan pendapatan perusahaan. Untuk itu diperlukan untuk suatu anggaran (budget) yang khusus terhadap kegiatan promosi yang dilakukan. Kegiatan promosi yang merupakan salah satu dari aktivitas pemasaran usaha memang memegang peranan penting dalam meningkatkan pendapatan usaha. Namun terkadang permasalahan yang dihadapi adalah pengawasan dan penggunaan anggaran promosi itu sendiri terhadap efektitivitas penjualan belum berjalan dengan baik. Anggaran promosi yang besar belum tentu dapat menjamin suatu usaha dapat meningkatkan pendapatannya secara signifikan.
Dengan mempertimbangkan hal tersebut, maka penulis tertarik untuk mengangkat Penulisan Ilmiah dengan judul “Pengaruh Promosi Terhadap Pendapatan Usaha Pada Jasa GIANT HYPERMALL BEKASI Tahun 2010-2012”


1.2  Rumusan Dan Batasan Masalah
1.2.1                  Rumusan Masalah
Dengan mengacu pada uraian latar belakang masalah sebelumnya, maka dapat diutarakan rumusan yang ada dalam penulisan ini sebagai berikut :
1.      Apakah terdapat pengaruh antara promosi terhadap pendapatan usaha pada GIANT HYPERMALL BEKASI  ?
2.      Berapa besar pengaruh dan hubungan promosi terhadap pendapatan usaha pada GIANT HYPERMALL BEKASI ?
3.      Bagaimana peningkatan dan penurunan yang terjadi pada biaya promosi dan pendapatan yang terjadi pada GIANT HYPERMALL BEKASI ?


1.2.2                  Batasan Masalah
Penulisan ini dibatasi pada seberapa besar pengaruh promosi terhadap pendapatan jasa GIANT HYPERMALL BEKASI, Jl.Ampera No.50 RT.06 RW.06 Kelurahan Duren Jaya Bekasi Timur. Dengan menggunakan Analisis Trend, Analisis Linier Regresi, Koefisien Korelasi ( R ) dan Koefisien Determinan ( R Square).

1.3  Tujuan Penelitian

Dengan mengacu pada rumusan permasalahan sebelumnya, maka tujuan penulisan kali ini adalah sebagai berikut :
1.         Untuk mengetahui pengaruh antara promosi terhadap pendapatan usaha pada GIANT HYPERMALL BEKASI 
2.         Untuk menganalisis dan mengetahui besar pengaruh promosi terhadap pendapatan usaha pada .GIANT HYPERMALL BEKASI 
3.         Untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan dan penurunan yang terjadi pada biaya promosi dan pendapatan usaha yang terjadi pada GIANT HYPERMALL BEKASI  sepanjang tahun 2012.


1.4  Manfaat Penelitian

Kontribusi atau manfaat yang diharapkan dari penelitian ini dapat terbagi menjadi 2 (dua), yaitu:

1.4.1                  Manfaat Praktis
Secara praktis penelitian ini diharapkan mampu menjadi referensi atau acuan bagi manajemen usaha pada GIANT HYPERMALL BEKASI dalam menjalankan aktivitas kegiatan promosinya agar dapat secara efektif dan efisien meningkatkan pendapatan usahanya.



1.4.2                  Manfaat Akademisi
Secara akademisi penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan wawasan dan pengetahuan penulis terhadap dunia bisnis yang berkaitan dengan kegiatan promosi dalam upaya meningkatkan pendapatan usaha.


1.5  Metode Penelitian

1.5.1         Objek Pelitian
Objek penelitian dalam penulisan ilmiah ini adalah GIANT HYPERMALL BEKASI  , Jl.Ampera No.50 RT.06 RW.06 Kelurahan Duren Jaya Bekasi Timur.

1.5.2         Data / Variabel
Data yang didapatkan penulis dalam penulisan ilmiah ini adalah data primer yaitu merupakan informasi yang dikumpulkan terutama untuk tujuan investigasi yang sedang dilakukan saat ini dalam bentuk laporan keuangan dan wawancara.

1.5.3         Metode Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini penulis melakukan riset langsung ketempat usaha yang dijadikan sebagai obyek penelitian guna mendapatkan data-data yang diperlukan, adapun cara yang digunakan, yaitu :           

1.      Penelitian Kepustakaan
        Merupakan data yang diperoleh melalui studi kepustakaan, yaitu dengan menggunakan literatur-literatur yang berhubungan dengan materi penulisan ilmiah ini. Penulis menggunakan studi kepustakaan untuk menambah referensi dari beberapa referensi yang sudah ada.


2.      Penelitian lapangan
        Dalam penelitian ini penulis melakukan riset langsung ke tempat usaha yang dijadikan sebagai objek penelitian guna mendapatkan data-data yang diperlukan.

1.5.4         Hipotesis
Hipotesis adalah pernyataan atau dugaan mengenai satu atau lebih populasi, hipotesis juga merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah.
Hipotesis yang akan dibuktikan yaitu:
Ho       : Promosi berpengaruh terhadap pendapatan usaha Jasa GIANT HYPERMALL BEKASI 
Ha       : Promosi tidak berpengaruh terhadap pendapatan usaha Jasa GIANT HYPERMALL BEKASI 

1.5.5         Alat Analisis Yang Digunakan
a)      Analisis Trend
b)      Analisis Linier Regresi
c)      Koefisien Korelasi ( R )
d)     Koefisien Determinan ( R Square)

No comments:

Post a Comment